Cara Penggunaan USB OTG

Cara menggunakan USB OTG:
Kabel OTG untuk Menghubungkan Aksesoris USB ke Perangkat Android
Saat Anda memasang adapter USB OTG ke perangkat Android, sebuah notifikasi akan muncul dan memberitahukan bahwa smartphone/tablet Android telah mengenali adapter tersebut dan siap digunakan sebagai USB host.

Selanjutnya Anda bisa mulai plug-in sejumlah USB devices. Dalam daftar berikut bisa Anda lihat hasil tes menggunakan Samsung Galaxy S III:

- USB thumbdrive: saat Anda menancapkan sebuah USB thumbdrive, perangkat Android akan menampilkan konten. Selanjutnya Anda bisa memutar film, musik, atau menampilkan dokumen dan foto. Interface yang ada juga memungkinkan Anda untuk move atau copy files dari thumbdrive ke SD card yang ada di ponsel/tablet Android. Denga cara tersebut Anda bisa dengan sangat mudah dan praktis transfer file atau expand storage di Android devices.

Jika Android device tidak mengenali USB thumbdrive, cobalah akses menggunakan aplikasi seperti ES File Explorer.

- Desktop keyboard: jika Anda tengah menulis sebuah konten yang panjang, Anda bisa menggunakan keyboard komputer standar (dengan/tanpa kabel) untuk mengetik di Android. Anda bahkan bisa menggunakan shortcut seperti Ctrl-A dan Ctrl-X dengan fungsi sama seperti pada desktop.

- Mouse: Saat Anda mengkoneksikan sebuah mouse (dengan/tanpa kabel), sebuah pointer akan muncul di screen Android tablet/smartphone yang Anda pakai. Dengan pointer itu Anda bisa bisa menggunakan fungsinya menggantikan jari Anda.

- USB hub: Bagaimana jika Anda ingin menghubungkan sebuah keyboard dan mouse pada watu bersamaan? Dengan sebuah USB hub yang terpasang ke OTG adapter, Anda bisa melakukannya. Tapi perlu diingat bahwa fitur ini memerlukan daya baterai lebih.

- Powered hard drive: Dengan OTG adapter, perangkat Android akan mampu menjalankan semua aksesori USB yang terkoneksi tapi tidak dengan portable hard drive. Sebaliknya, Anda tetap bisa menggunakan ‘powered hard drive’ karena hard drive jenis ini menggunakan daya listrik eksternal, bukan dari perangkat Android. Dengan hard drive tersebut Anda bisa write, read juga transfer files.

- PS3 controller: sangat mengejutkan bahwa Samsung Galaxy S III kompatibel dengan PS3 controller. Saat Anda koneksikan, Anda bisa navigasi interface menggunakan analog stick. Yang paling penting, controller kompatibel dengan beberapa games Android sehingga Anda bisa nge-game dengan nyaman menggunakan analog stick dan sebuah Android device.

- Card reader: bagi fotografer, hadirnya USB OTG akan sangat membantu. Anda bisa memotret menggunakan kamera digital dan upload menggunakan smartphone/tablet Android.

- Kamera DSLR (Canon T3i): Adapter OTG jika digunakan bersama kabel USB dSLR maka akan memungkinkan Anda untuk bisa tether kamera ke smartphone/tablet Android. Dengan menggunakan aplikasi seperti Remote Release atau DSLR Controller, Anda bahkan Anda bisa menggunakan Android device sebagai remote shutter release, juga sebagai control camera settings untuk kemudian di-mirror-kan.

- USB-to-Ethernet adapter: jika tidak tersedia WiFi di sekitar Anda, atau Anda ingin koneksi internet yang stabil, Anda bisa mengkoneksikan sebuah USB-to-Ethernet adapter ke USB OTG dan menghubungkan smartphone/tablet Android ke koneksi Ethernet (dengan kabel)

Seiring waktu diperkirakan akan semakin banyak perangkat Android yang support USB hosting. USB OTG bisa Anda dapatkan hanya seharga $1,38.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2012. All Rights Reserved. Design by Biyan Pasau